Obyek wisata goa pindul gunung kidul


Goa pindul adalah obyek wisata yang sangat populer di gunung kidul yogyakarta, selain alam nya yang indah dan masih terawat hijau, Goa pindul juga sangat bagus untuk wisata airnya, kita bisa menyusuri sungai di bawah goa pindul dengan pemandu yang kita pesan atau bayar untuk menjelaskan apa saja yang ada dalam goa pindul tersebut. Mata kalian akan di manjakan dengan suasana goa yang beda dengan yang lainnya. yaitu suasana goa dalam aliran sungai nya yang tenang dan masih terjih. Di goa pindul kalian bisa melihat stalaktit dan stalakmit, Yaitu bebatuan yang menjorok keluar dari gua karena aliran air atau resapan air tanah pada goa pindul yang berlangsung secara terus menerus sehingga endapan unsur tanah akan membentu stalakmit yang indah. untuk berkunjung kesini kalian cukup menyusuri jalan menuju arah wonosari atau arah goa pindul, di sebarang jalan bisanya akan ada tulisan yang menunjukan arah jalan ke goa pindul



Goa Pindul Jogja memiliki ukuran panjang sejauh 350 meter dengan lebar mencapai 5-6 meter. Adapun kedalaman air di dalam goa ini mencapai hingga 6-7 meter, sementara jarak antara permukaan air dengan langit-langit goa sejauh 4-5 meter. Air sungai yang mengalir di Goa Pindul terbilang begitu bersih dan jernih. Hal ini dikarenakan sumber air sungai tersebut bermula dari mata air Gedong Tujuh.

Goa pindul juga mempunyai kisah terbentuknya nama goa pindul itu sendiri yaitu melalui 2 versi legenda rakyat yang secara turun-temurun diceritakan.

Kisah pertama menceritakan bahwa dahulu kala ada seorang pemuda yang bernama Joko Singlunglung yang sedang melakukan perjalanan untuk mencari ayahnya. Perjalanan yang ditempuhnya sungguh berat dan penuh rintangan, melewati hutan belantara, sungai-sungai berarus deras, hingga goa-goa yang gelap. Suatu ketika dalam perjalanannya menelusuri beberapa goa, kepala Joko Singlulung terbentur sebuah batu besar yang ada dalam sebuah goa. Goa inilah yang hingga kini dinamakan sebagai Goa Pindul. Pindul dalam Bahasa Jawa, berarti pipi gebendul atau pipi yang terbentur (Pi=pipi, Ndul=kebendul).

Sementara versi kedua, mengisahkan perjalanan Ki Juru Mertani dan Ki Ageng Pemanahan yang diutus oleh Panembahan Senopati di Mataram untuk membunuh buah cinta putri Panembahan Senopati, yaitu Mangir Wonoboyo dari Mangiran (Bantul). Namun, mereka berdua tidak tega membunuh bayi tersebut dan pergi ke arah timur menuju Gunungkidul, hingga tiba di daerah Karangmojo.

Sesampainya di Karangmojo, mereka menggelar tikar dan alas tempat persalinan bayi tersebut. Tetapi, si bayi menangis terus hingga akhirnya salah satu dari mereka memutuskan untuk memandikannya. Ki Juru Mertani naik ke atas bukit, lalu menginjak bukit tersebut dengan kesaktiannya yang menyebabkan terbentuknya lubang besar dan di dalamnya terdapat aliran air. Bayi tersebut lalu dibawa turun untuk dimandikan. Tanpa disadari, pipi sang bayi terbentur batu. Oleh sebab itu, tempat tersebut dinamakan sebagai Goa Pindul.

0 Response to "Obyek wisata goa pindul gunung kidul"

Posting Komentar