7 pesona wisata air terjun terdapat di Yogyakarta Indonesia

Ngomongin masalah obyek wisata dan tempat wisata-wisata yang ada di Indonesia tidak akan habisnya karna banyak sekali tempat wisata yang menawarkan keindahan alamnya. Kali ini saya akan membahas wisata yang ada di Yogyakarta kota istimewa yaitu pesona air terjunnya, berikut 7 pesona air terjun yeng terdapat di Yogyakarta yang wajib anda kunjungi jika berkunjung ke kota istimewa ini:

1. AIR TERJUN SRI GETUK
 Air terjun ini merupakan air terjun yang terletak di wonosari gunung kidul dan memiliki tinggi mencapai 12 meter . Mengapa air terjun ini bisa di juluki sri gethuk? Karena dulu Konon,  air terjun
ini adalah tempat menyimpan kethuk (salah satu instrumen gamelan milik Jin Anggo Meduro). Konon lagi setiap waktu tertentu masyarakat sekitar masih sering mendengar suara gamelan dari arah air terjun.

2. AIR TERJUN SIDOHARJO

Di kulon progo terdapat air terjun yang masih belum banyak di jamah manusia yaitu air terjun Sidoharjo. Air terjun ini mempunyai ketinggian 75 meter dengan tingkat kemiringan 90 derajat sehingga air yang jatuh tidak terhalang apapun. ketika sedang musim hujan, pemandangan menjadi semakin indah karena debit air banyak.

3. AIR TERJUN GROJOGAN WATU JOGOL

Tidak jauh dari air terjun sidoharjo terdapat air terjun grojogan  watu jogo. Untuk sampai ke air terjun ini wisatawan harus parker di rumah penduduk dan jalan kaki menuju air terjun.  Jalannya memang agak licin dan di tubuhi ilalang, kita juga harus menebus pepohonan lebat, setelah itu menyeberang jembatan bambu sehingga menambah pengalaman baru yang tak terlupakan.

4. AIR TERJUN TLOGO MUNCAR


Air terjun ini berada di dalam tempat wisata kaliurang sehingga banyak di kenal dengan air terjun kaliurang. Dengan tinggi 30-45 meter dengan suhu 20oC -25oC dan bersumber air di lereng bukit plawangan. Sayangnya air terjun ini alirannya tidak terlalu deras sehingga kalau pas musim kemarau kadang sampai kering.

5. AIR TERJUN PANTAI JOGAN


Ini yang unik, air terjun sekalian pantai. Dalam satu tempat bisa mengunjungi 2 jenis pemandangan yang berbeda. Jadi air terjunnya langsung jatuh ke pantai. Pantai ini terdiri dari tebin-tebing tinggi, dinding-dinding tebing yang tajam dan bebataun-bebatuan koral  serta mempunyai sedikit sekali pasir pantainya. Pasir pantainya dapat kita lihat ketika laut dalam keadaan surut.

6. AIR TERJUN GEDANGAN
Air Terjun Gedangan mempunyai ketinggian kurang lebih 8 meter. dengan muara di bawahnya sedalam kira-kira satu mtr.. Air terjun ini di kenal dengan nama Air Terjun Seribu Batu lantaran area sekitar air terjun dikelilingi oleh bebatuan yang datang dari gunung api tua Ngelanggran. Air Terjun Seribu Batu mempunyai ciri khas sendiri dibanding dengan air terjun yang lain. Air yang mengalir dari air terjun ini diakui mempunyai banyak faedah terlebih untuk awet muda serta mempererat jalinan suami-istri.

7. AIR TERJUN PANTAI PARANGTRITIS

Air Terjun Parangtritis ada di ujung samping timur dari Pantai Parangtritis, air terjun ini mengalir dari atas bukit karang di tepi pantai hingga jadikan air terjun ini sangatlah unik serta cukup istimewa lantaran air yang mengalir dari atas bukit segera mengalir ke batu-batuan karang serta pasir di bibir pantai.

0 Response to "7 pesona wisata air terjun terdapat di Yogyakarta Indonesia"

Posting Komentar