5 pantai di kalimantan yang wajib dikunjungi

Bicara tentang pantai di Indonesia tidak akan ada habisnya karena wilayah indonesia terdiri atas bentangan laut yang sangat luas dan banyak sekali obyek wisata pantai Indonesia.
Berikut pantai di Kalimantan yang wajib dikunjungi

1. Pantai Teluk Tamiang


Pantai Teluk Tamiang adalah salah satu tempat wisata pantai di Kalimantan yang menawarkan pantai berpasir putih dan air laut yang jernih. Lokasinya berada di Kecamatan Pulau Laut Barat, Kabupaten Kota Baru, Kalimantan Selatan. Untuk menuju kesini anda bisa menggunakan jalur darat dengan rute Tanjung Serdang - Lontar - Teluk Tamiang, cara lain bisa menggunakan ferry di Batu Licin. Siapkan tenaga dan duit selain jalan yang akan ditempuh lumayan penuh adrenalin kita juga akan merogoh kantong lumayan 500 ribu untuk perjalanan dari kota ke Pantai Teluk Tamiang ini, jangan khawatir ketika sampai anda akan merasakan suasana yang masih alami dengan pasir putih dan air laut yang bening agak kebiru-biruan. Di pantai Teluk Tamiang ini anda bisa Snorkeling, memancing, mandi di pantai, melihat aktivitas warga sekitar, serta treking ke Mercusuar.
Di sekitar Teluk Tamiang terdapat dua buah pulau yang saling berdekatan yaitu Tanjung Tengah dan Tanjung Kunyit. Kedua buah pulau ini juga dikelilingi oleh terumbu karang. Saya memutuskan menyewa perahu nelayan untuk meng-eksplorasi keindahan bawah lautnya. Tidak ada tempat penyewaan alat snorkeling atau pun dive centre di sini. Karena memang daerah ini sepertinya belum secara serius dikelola untuk tujuan wisata.

RUTE PERJALANAN :
Penerbangan Banjarmasin-Kotabaru dilayani oleh Wings Air (Rp.350.000), rute lain disa ditempuh melalui jalan darat dengan menggunakan bus tujuan Banjarmasin-Kotabaru (Rp.110.000), dilanjutkan dengan angkutan pedesaan tujuan Lontar (Rp.45.000), dan terakhir menggunakan jasa ojek menuju Teluk Tamiang (Rp.30.000). untuk hopping island ke pulau sekitar bisa menyewa perahu nelayan yang banyak terdapat di sana.

FASILITAS:
Di tempat ini kurang banget akan fasilitas wisatanya karena bukan tujuan wisata utama di Kotabaru, tidak ada panginapan yang berdiri di Teluk Tamiang. Rumah Kepala Desa dan warga sekitar bisa dijadikan tempat untuk menginap. Tidak ada tarif khusus, dan listrik hanya menyala dari jam 6 sore sampai jam 6 pagi.

2. Pantai Gedambaan



Pantai Gedambaan yang dulu dikenal sebagai Pantai Sarang Tiung ini berjarak sekitar 14 kilo dari pusat kota Kotabaru. Pantai Gedambaan Sarang Tiung berada di Utara Kabupaten Kota Baru, Kalimantan Selatan. Pantai Gedambaan merupakan salah satu tempat wisata di Kalimantan yang menarik untuk dikunjungi. Selain itu disini juga terdapat penginapan dan kolam renang untuk anak. Fasilitas yang disediakan diantaranya rumah/warung makan, cottage, tempat parkir, kolam renang air tawar. Untuk menuju kesini anda bisa menggunakan motor saja kemudian anda akan sampai di tujuan tanpa harus naik perahu motor nelayan. Karena fasilitas yang memadai wisata Pantai Gedambaan  ini selalu ramai pengunjung baik anak-anak,remaja dan orang tua.


3. Pantai Tanjung Kunyit



Setelah ke Pantai Teluk Tamiang anda bisa berkunjung ke Pantai Tanjung kunyit dari Teluk Tamiang menggunakan perahu. Di tanjung kunyit ini juga ada sebuah mercusuar yang bisa anda naiki untuk melihat pemandangan sekitar dari atas mercusuar. Tanjung Kunyit adalah salah satu desa di wilayah kecamatan Pulau Laut Barat, Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. dikelilingi teluk dan laut lepas yang sebagian mempunyai terumbu karang yang begitu menarik untuk dijadikan wisata bawah laut seperti snorkling dan diving, melihat gugusan terumbu karang dan ikan ikan hias yang begitu menggoda untuk menangkap ikannya. Suku Didesa Tanjung Kunyit adalah Mandar dan Bugis, Mata Pencaharian mereka sebagai nelayan sedangkan ada sebagian berkebun di lereng bukit seperti kacang kacangan dan singkong dan kehidupan disini serba kekurangan. Bisa dibilang masih alami banget belum tersentuh oleh budaya luar.Hanya ada satu SD di desa ini dan belum ada SMP apalagi SMA, jadi anak-anak suku ini harus menempuh berjam-jam hanya untuk bisa sekolah ke Desa tetangga.

4. Pantai Batakan



Pantai Batakan berada di Desa Batakan, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Jarak dari pusat kota pelaihari kurang lebih 40 km. Pantai Bantakan berpasir coklat dan banyak ditumbuhi pohon pinus dan cemara yang menjulang tinggi hijau ke langit. Di dekat pantai ini juga terdapat sebuah pulau di tengah laut bernama pulau Datu. Disebut dengan Batakan karena dulu ada dua pelaut bersaudara yang berlayar menggunakan sampan (jukung) mengarungi sungai Saluang. Namun, tiba-tiba ombak menghempaskan mereka sampai tiba di suatu daratan. Kini, daratan tersebut dijuluki dengan “Batakan” yang mana mayoritas penduduknya bekerja sebagai nelayan. Setiap tahun warga nelayan setempat selalu mengadakan syukuran hasil bumi mereka kepada leluhur mereka, biasanya upacara syukuran ini dilakukan pada bulan juli atau agustus.

Untuk masuk, setiap orang dikenai biaya Rp 20.000. Jika merasa ragu berjalan-jalan sendiri, di sini disediakan juga pemandu wisata yang akan menemani kelilingi pantai, cukup hanya dengan membayar Rp. 5.000 saja. Untuk delman, para pengunjung dikenai biaya Rp 5.000 sampai Rp. 10.000 per orang. Ada juga penginapan yang disediakan bagi para yang ingin menginap berupa vila dan dapat disesuaikan dengan kantong para pengunjung. Mulai dari harga Rp 100.000 per malam atau berkemah di sekitar pantai. Oleh-olehpun dapat diperoleh dari tempat ini, mulai dari kerupuk ikan sampai barang-barang lain yang dibuat dari hasil laut.

5. Pantai Pagatan


Pantai Pagatan berada di Pagatan yang merupakan ibu kota Kecamatan Kusan Hilir. Lokasinya sangat mudah dicapai karena berada di samping jalan utama Trans Kalimantan, pantai ini dapat terlihat langsung apabila anda berjalan dari arah Banjarmasin menuju Kotabaru.

Demikian 5 pantai yang wajib anda kunjungi di  Kalimantan, dengan kaindahan alam yang masih alami anda tidak akan menyesal jika berkunjung ke tempat-tempat tersebut.

0 Response to "5 pantai di kalimantan yang wajib dikunjungi"

Posting Komentar